Notepad++

Notepad++ 6.3.1 Bagi seorang programer tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. kali ini saya akan membahas sebuah aplikasi teks editor. Teks editor adalah tempat kita menulis script program. ketika saya pertama kali belajar pemrograman teks editor yang selalu saya gunakan adalah Notepad++. Lalu apa itu Notepad++, Notepad++ adalah teks editor opensource yang mendukung beberapa bahasa pemrograman.

Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman yang berjalan diatas sistem operasi Microsoft Windows. Selain manfaat dan kemampuannya menangani banyak bahasa pemrograman, Notepad ++ juga dilisensikan sebagai perangkat free. Jadi, setiap orang yang menggunakannya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli aplikasi ini karena sourceforge.net sebagai layanan yang memfasilitasi Notepad ++ membebaskannya untuk digunakan.

Fitur-fitur:

Notepad++ lumayan ringan untuk digunakan, versi yang saya gunakan adalah Notepad++.5.8.1 anda dapat mendownloadnya disini :
download




atau anda dapat mendownload versi terbarunya di link berikut:

sampai saat ini saya masih menggunakan  Notepad++ dalam membuat sebuah aplikasi Java, baik berbasis CMD ataupun Swing(GUI).  rasanya gimana gitu membuat program dengan Notepad++, hehehhe🙂
kuat

JAVA: Sejarah Singkat + Perkembangannya

A. Sejarah Singkat

James Gosling
James Gosling

    Sejarah  bahasa pemrograman java dimulai ketika pada tahun 1990, James Gosling, programer yang bekerja pada Sun Microsystems mendapat tugas menciptakan program untuk mengendalikan perangkat electronic rumah tangga. Gosling dan kawan-kawan mulai mendesain program tersebut dengan bahasa C++. Saat mulai menggunakan C++, Gosling mulai merasakan bahwa bahasa tersebut tidak cocok untuk tugas yang dibebankan pada timnya. Mereka mulai mendapat masalah karena berbagai kompleksitas yang dimiliki oleh C++. Meskipun Gosling tidak menyukai kompleksitas bahasa seperti yang dimiliki C++, ia menyukai sintaks dasar dan sifat berorientasi objek yang dimiliki oleh C++. Oleh karena itu, ketika mulai merancang bahasa pemrogramannya sendiri, ia menggunakan bahasa C++ sebagai modelnya dengan membuang fitur-fitur yang membuatnya susah dalam menyelesaikan proyek yang menjadi tugasnya.  Rancangan bahasa pemrograman yang telah selesai ia buat dinamai “Oak” konon nama Oak diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja James Gosling.

    Bahasa Oak pertama kali digunakan dalam proyek yang disebut Project Green, Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan programer lainnya dari Sun Microsystems.  Baca lebih lanjut

Pengenalan 3D Studio Max

images3D  Studio  Max  2012  (kadangkala  disebut  3D’s  Max)  adalah  sebuah perangkat  lunak  grafik  vektor  tiga  dimensi  dan  animasi  yang  ditulis  oleh Autodesk Media & Entertainment(dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix). Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio for DOS, tetapi untuk  platform  Win32.  Kinetix  kemudian  bergabung  dengan  akuisisi  terakhir Autodesk, Discreet Logic.   Berikut  ini membahas mengenai tools yang ada pada 3D Studio Max.Pada tampilan  awal  terbagi  menjadi  beberapa bagian  yaitu Menu Bar, Toolbar, Command Panel, Object Catagories, Rollout, Viewport, View Cube, Viewport

Navigation Controls, Animation Control, Animation Keying Controls, dan Time Slider.Gbr 2.2

NO TOOL KETERANGAN
1 Menu Bar Sederetan kumpulan perintah dalam bentuk teks.

Menu   Bar   terdapat   di   bagian   atas   jendela

2 Tool Bar Merupakan   tombol   perintah   dalam   bentuk gambar.

 Toolbar yang paling

banyak digunakan adalah Main Toolbar.

3 Command Panel Berisi  perintah  utama, yaitu Create, Modify,

 Hierarchy, Motion, Display, dan Utilities,

serta hierarki di bawahnya, yaitu Category sub-category, Object Type.

4 ObjectCatagories Merupakanpilihan untuk membuat jenis objek.
5 Rollout Merupakan menu yang dapat diringkas.
6 Viewport Merupakan tempat untuk membuat objek.
7 View Cube Berfungsi  mengatur  pandangan

pada  viewport yang berbentuk kubus.

8 Viewport NavigationControls Berfungsi  mengatur  pandangan  viewport  yang terletak    di    sebelahkanan    bawah  jendela Autodesk 3ds Max 2012.
9 Animation Control Digunakan untuk mengontrol animasi.
10 AnimationKeyingControls Berfungsi membuat animasi.

Fitur 3D Studio Max yang dipakai beberapa fitur yang sering dipakai dalam pembuatan model 3D.

TOOL KETERANGAN
1 Select and Move fitur yang berfungsi untuk memindahkanobjek sesuai dengan sumbu x, y, maupun z.
2 Select and Rotate fitur   untuk   merotasikan   sebuah   objek,baik menurut sumbu x, y, maupun z.
3 Select and Scale fitur  berfungsiuntuk mengubah ukuran pada objek.
4 Box fitur  yang  tersedia  pada  Standard  Primitives yang berfungsi  untukmembuat  sebuah  objekberbentuk kotak
5 Cylinder fitur  yang  tersedia  pada  Standard  Primitives yang berfungsi  untuk membuat  sebuah  objekberbentuk lingkaran.
6 Pivot fitur  berfungsiuntuk mengubah titik tumpu pada objek.
7 Compact MaterialEditor salah satu fitur yang digunakan untuk memberi tekstur pada   sebuah  objek, baik tekstur transparan,batu, lantai, rumput dan lain-lainnya.
8 Edit Mesh fitur  pada  Modifier  List  yang  bisa  digunakan untuk mengedit bentuk Vertex,  Edge,  FacePolygon, maupun Element.
9 Group fitur   yang   terdapat   pada   Menu   Bar   yang berfungsi menggabungkan  beberapa objek menjadi satu.
TOOL KETERANGAN
10 Extrude fitur untuk  membentuk sisi  sebuah  objek agar menjadi lebih tinggi dari sisi lainnya.
11 Connect sebuah fungsi yang memungkinkan anda membuat garisedge baru dari dua atau lebih garis edge yang dipilih. jumlah garis edge yang dibuat dibuat ditentukan dengan nilai.
12 MeshSmooth fitur  pada  Modifier  List  yang  berfungis untuk memperhalus permukaan dan sudut-sudut suatu
13 Hose Objek 3D berbentuk ulir.
14 Subtraction fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangioleh besarnya bagian dari objek Byang bersentuhan langsung dengan dengan objek A.
15 UVW Maps Sebuah fungsi untuk mengatur kerapatan tekstur.

Bagian 2 Installasi Ruby menggunakan RVM di Ubuntu 10.04

Nah seperti yang sudah gw jelasin sebelumnya kalo gw bakalan membahas bahasa pemrograman Ruby menggunakan OS Linux, disini gw memakai linux 10.04 LTS. Soalnya versi ini yang agak ringan di laptop gw, apabila linux anda versi yang berbeda tidak perlu khawatir karena setau gw sama aja cara penginstalannya( setau gw ya. . .hehehe🙂 ).

logo rvm

2.1. Apa itu RVM?

RVM atau Ruby Version Manager adalah program untuk memudahkan kita menginstall berbagai macam versi Ruby dan memilihkan gem(program semacam library/extension terkait versi Ruby yang digunakan) yang tepat.Akan sangat memudahkan jika kita sedang bekerja di beberapa project yang menggunakan versi Ruby yang berbeda-beda.

Untuk menginstall RVM, kita membutuhkan curl lib. Secara umum, curl adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mentransfer data dari dan ke server. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pertama buka terminal dan login sebagai root, biar gak disuruh masukin password mulu.

user@user: ~$ sudo su

2. kemudian update repository

user@user: ~$ sudo apt-get update

3. lalu install curl dengan perintah

user@user: ~$ sudo apt-get install curl

4. selanjutnya kita install Git, sebenarnya sih ini kurang begitu ke-pake kalo saat ini cuma pengen belajar, tapi alangkah baiknya di install aja soalnya Git adalah perangkat lunak pengontrol versi atau proyek manajemen kode perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds, yang pada awalnya ditujukan untuk pengembangan kernel Linux. Jadi git ini tugas seperti mem-backup data kode sumber software anda, anda juga dapat mengetahui perubahan-perubahan apa saja yang terjadi di masa lalu. Selain itu dalam pengerjaan proyek secara berkelompok, git ini sangat mendukung dalam mempercepat proses pengerjaan proyek tersebut. Untuk langkah penginstallan-nya seperti berikut:

user@user: ~$ sudo apt-get install git-core build-essential 

5. lalu untuk menginstall RVM menggunakan perintah berikut:

user@user: ~$ curl -L get.rvm.io | bash -s stable

6. ketika proses installasi RVM selesai, RVM menyediakan informasi penting tentang persyaratan dan kebutuhan yang anda perlukan untuk menjalankan ruby dengan benar. Anda dapat melihat apa yang dibutuhkan dengan perintah:

user@user: ~$ rvm requirements

7. anda akan melihat list apa saja yang dibutuhkan dalam meng-intsall ruby di RVM seperti berikut:

Additional Dependencies:
# For Ruby / Ruby HEAD (MRI, Rubinius, & REE),
install the following:
ruby: /usr/bin/apt-get install build-essential openssl
libreadline6 libreadline6-dev curl git-core zlib1g
zlib1g-dev libssl-dev libyaml-dev libsqlite3-dev sqlite3
libxml2-dev libxslt-dev autoconf libc6-dev ncurses-dev
automake libtool bison subversion pkg-config

8. anda bisa mendapatkan semua kebutuhan tersebut dengan mengetikan 1 perintah berikut di terminal, agak panjang sih🙂 :

user@user: ~$ sudo apt-get install build-essential openssl libreadline6 libreadline6-dev curl git-core zlib1g zlib1g-dev libssl-dev libyaml-dev libsqlite3-dev sqlite3 libxml2-dev libxslt-dev autoconf libc6-dev ncurses-dev automake libtool bison subversion pkg-config

9. selanjutnya anda perlu memastikan RVM sedang dimuat sebagai fungsi, dengan mengetikan perintah berikut:

Baca lebih lanjut